Analisis
Artikel Ilmiah
Nama
Kelompok(3KA03)
Nurul
Anggraeni Shinta Ilahi (14109406)
Raema
Yiska (16109970)
Ratih
Purnamasari (13109010)
Putri
Rahmawati (13109819)
ABSTRAK
Latar Belakang
: Begitu besar fungsi dan biaya pemasaran bagi sebuah hasil produk, maka para
industri tersebut harus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan, salah
satunya adalah kemudahan masyarakat luas dalam mencari informasi tentang produk
yang dihasilkan baik jenis produk atau harga yang sesuai dengan perkembangan.
Selain mendapatkan informasi tentang produk-produk, masyarakat juga bisa
berkomunikasi secara langsung dengan pihak produsen. Internet adalah salah satu
media yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi tentang hasil produk
yang dihasilkan terutama adalah produk batik kelompok konveksi rumahan di
kampung Tegal Ayu kelurahan Bumi Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Oleh karena
itu dengan dibangunya web yang berisi informasi produk batik kelompok konveksi
rumahan di kampung tegal ayu ini mampu meningkatkan omset penjualan. Metode :
Metode dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah pengumpulan data,
penyususunan design halaman web dan
implementasi program web dimana berbagai konveksi batik yang ada di
kampung Tegal Ayu dapat memasukkan datanya (upload) kedalam sistem informasi
berbasis web yang telah dibuat. Hasil : Dalam pengabdian kepada masyarakat ini
telah disusun sebuah web dengan alamat http://www.bumisolobatik.com. Alamat web
ini telah disusun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, dan dengan
database MySql. Setelah web ini di upload telah dilaksanakan training singkat
tentang tata cara pengoperasian program yang telah dibuat.Kesimpulan : Di
alamat web ini masyarakat dapat mengakses berbagai produk tentang berbagai
jenis batik hasil kelompok konveksi rumahan yang ada di kampung Tegal Ayu
kelurahan Bumi Kecamatan laweyan Kota Surakarta sehingga secara
berkesinambungan telah meningkatkan hasil penjualan produk batik yang telah
mereka buat.
PENDAHULUAN
Perkembangan
dunia komunikasi dan IT (information Technologi) yang begitu pesat, antara lain
ditandai dengan mewabahnyaInternet, E-Commerce, E-Business dan alat komunikasi
(Mobile Phone), telah menumbuhkan benih-benih perubahan pada budaya dan
perilaku individu dan kelompok diseluruh dunia, tidak terkecuali Industri kecil
yang ada di Indonesia. Guncangan budaya dapat memunculkan berbagai masalah
baru, oleh karena itu harus ada antisipasi, proses adaptasi dan inovasi agar
budaya baru yang muncul sebagai efek perkembangan teknologi tidak merugikan
secara keseluruhan, justru dapat dimanfaatkan secara maksimal. Sebagaimana
teknologi ciptaan manusia lainya, internet pun diharapkan dapat bermanfaat
untuk kehidupan manusia, bukan sebaliknya. Salah satu manfaatnya adalah
penerapan internet pada dunia pemasaran produk industri kecil konveksi Batik
untuk meningkatkan hasil penjualanya.
Internet
merupakan singkatan dari kata interconnection networking. Diartikan sebagai “a
global networking of computer network “ atau jaringan komputer dalam skala
global/mendunia. Jaringan ini bebrskala internasional yang dapat membuat
masing-masing komputer saling berkomunikasi. Network ini membentuk jaringan
interkoneksi yang terhubung melalui protocol TCP/IP.
Sekelompok data
yang ditampilkan oleh world wide web(WWW), informasi in dapat dimunculkan
dengan menyebutkan alamatnya yang disebut dengan istilah uniform resource
locator (URL). Halaman webini dibuat dengan format standar hypertext markup
language (HTML), dimana dokumen tersebut yang tersimpan dalam server sedangkan
untuk menampilkan halamanya digunakan sebuah aplikas yng disebut denngan
browser. Server adalah komputer yang bertugas sebagai (pelayan) jaringan.
Server merupaka piranti khusus dalam jarinagan komputer yang menjadi tempat
untuk semua nodes didalam karingan untuk melakukan resource sharing. Server
melayani semua nodes, jika nodes membutuhkanya.
Era globalisasi
sekarang ini, peran dan fungsi Internet semakin meningkat. Internet tidak hanya
sebagai alat Chatting, E-mail, dan Browsing, namun juga sebagai tempat
pemasaran produk-produk tertentu seperti produk konveksi yang dapat
meningkatkan jumlah penjualan dan tentunya meningkatkan kesejahteraan hidup
bagi pelaksanya, baik pemilik atau pekerjanya sendiri. Oleh karena itu,
konveksi Batik harus menyediakan informasi yang luas kepada masyarakat tentang
produknya tanpa harus pergi ketoko konveksi yang bersangkutan, tetapi dapat
dilihat melalui salah satu WEB yang ada di Internet, baik macam produk sampai
harga dan informasi yang berhubungan dengan produk tersebut.
METODE
Langkah-langkah
dalam penyusunan program ini adalah pertama melakukan survey kelokasi untuk
memperolah data-data tetang kegiatan, produk dan cara pemasaran. Setalah data
diperoleh dilanjutkan dengan penyusunan design kegitan pembuatan web dan
implementasi web yang telah dibuat. Secara umum metode penerapan ipteks ini
dapat dilihat pada gambar diagram konteks berikut ini :
Gambar 1 : Diagram Konteks sistem informasi
berbasis web
Dari gambar
diatas dapat dilihat bahwa dari berbagai konveksi yang ada di kampung Tegal Ayu
Kelurahan Bumi Kecamatan Laweyan Kota Surakarta dapat memasukan datanya tentang
produk batik yang telah dihasilkanya kedalam sistem informasi berbasis web yang
telah dibuat. Setelah data dimasukkan (up-load), konsumen / masyarakat dapat
mengetahui informasi tentang batik baik motif, harga, ukuran dan bahkan dapat
mengorder secara langsung lewat internet.
HASIL DAN
PEMBAHASAN
Setelah data
diperoleh dan dilakukan analisis tentang kebutuhan program ini, telah
dihasilkan suatu software sistem informasi penjualan batik berbasis web pada
kampung Tegal Ayu Kelurahan Bumi Kecamatan Laweyan Kota Surakarta yang
beralamat dihttp://www.bumisolobatik.com seperti yang terlihat pada gambar
berikut ini :
Gambar 2 : halaman utama web batik
Setelah
konsumen dapat membuka halaman webhttp://www.bumisolobatik.com konsumen
langsung bisa mengetahui jenis hasil produk batik yang telah dibuat baik
informasi tentang : kategori batik, produk terbaru dan informasi detail dari
masing-masing produk seperti: nama batik, jenis batik dan harga batik itu
sendiri. Selain mendapatkan informasi tentang batik yang ada di web masyarakat
juga dapat melakukan pesanan langsung lewat halaman web ini dengan cara:
memilih produk batik yang ada dan memasukkan jumlah pesanan batik tersebut.
Setelah selesai memilih dan memasukkan jumlah batik yang telah di pesan maka
konsumen dapat memasukkan data identitas diri.
Setelah
identitas diri dimasukkan maka konsumen akan mendapatkan konfirmasi pembayaran
tentang berapa jumlah yang harus dibayar dan tujuan rekening pembayaran.
Setelah konsumen mengkonfirmasi pembayaranya maka barang pesanan baru bisa
dikirim ke alamat yang telah dimasukkan dalam identitas diri.
SIMPULAN
Dari hasil
program ini dapat disimpulkan bahwa telah terbuat software sistem informasi
yang beralamat bumisolobatik.com tentang batik di kampung Tegal Ayu Kelurahan
Bumi Kecamatan Laweyan Kota Surakarta yang dapat meningkatkan hasil
penjualannya.
Analisis:
Pendahuluan :
Menurut Kami pada bagian pendahuluan
lebih banyak fokus kepada perkembangan IT yang merambah ke dalam banyak fungsi
yang menjelaskan internet sekarang ini tidak hanya sebagai alat Chatting,
E-mail, dan Browsing, namun juga sebagai sarana tempat pemasaran.
Metode : Di
bagian metode dikatakan ” Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa dari berbagai
konveksi yang ada di kampung Tegal Ayu Kelurahan Bumi Kecamatan Laweyan Kota
Surakarta dapat memasukan datanya tentang produk batik yang telah dihasilkanya
kedalam sistem informasi berbasis web yang telah dibuat.” Tapi menurut kami ada
kekurangannya karena pada saat saya mengakses arikel di dalam web ini, gambar
tersebut tidak muncul.
Hasil dan
Pembahasan : Pada hasil dan pembahasan telah dihasilkan suatu software sistem
informasi penjualan batik berbasis web saya suka dengan yang dikatakan penulis
untuk mengajak kita membuka web yang telah dibuat untuk kita mengetahui jenis hasil produk batik yang
telah dibuat,baik informasi tentang : kategori batik, produk terbaru dan
informasi detail dari masing-masing produk seperti: nama batik, jenis batik dan
harga batik itu sendiri. Tapi lagi-lagi disayangkan, gambar halaman batik web
tersebut tidak muncul seperti dibagian metode tadi.
Simpulan : Meskipun
sedikit tapi penulis menuliskan alamat web penjualan batik di kampung Tegal Ayu
Kelurahan Bumi Kecamatan Laweyan Kota Surakarta yang dapat meningkatkan hasil
penjualannya. Disitu sepertinya penulis ingin membuktikan pada masyrakat bahwa
penjualan atau memasarkan produk di web tidak diragukan lagi.
Kelebihan :
-Artikel ini sangat mudah dipahami oleh pembaca. Disini terdapat beberapa link
alamat web yang dicantumkan dan itu membuat pembaca akan tertarik dan penasaran untuk membukanya.
-Setiap paragraf
sudah baik, karena hanya mempunyai satu
ide pokok .
Kekurangan :
Meskipun mudah dipahami, tapi adakalnya pembaca kurang puas dengan tidak
tampilnya gambar 1 dan gambar 2 yang tidak muncul pada artikel di dalam web
tersebut.
-terlalu banyak
promo tentang alamat web, yang akan menimbulkan kebosanan pembaca.
Sumber :
http://www.stmikdb.ac.id/?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=47
Judul Artikel:
PENINGKATAN HASIL PENJUALAN BATIK KELOMPOK KONVEKSI RUMAHAN MELALUI PEMASARAN LEWAT INTERNET DI KAMPUNG TEGAL AYU
KELURAHAN BUMI KEC. LAWEYAN KOTA
SURAKARTA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar