Minggu, 20 Februari 2011

Sistem Operasi

RESENSI TENTANG SISTEM OPERASI
PADA PERSONAL KOMPUTER

Nama SO                :  Microsoft Windows XP Professional
Versi                      :  5.1.2600 Service Pack 2 Build 2600
OS Manufacturer      :  Microsoft Corporation

Windows XP adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama “XP” adalah kependekan dari “Experience”. Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001.

Setelah berjaya cukup lama Microsoft mulai 14 Juli 2010 mengakhiri dukungannya terhadap sistem operasi Windows XP Service Pack 2 (SP2). Pengguna yang masih memakai sistem operasi tersebut diminta melakukan upgrade. Produsen software terbesar itu merekomendasikan pengguna untuk menginstalasikan Service Pack 3, atau bagi yang ingin melakukan upgrade sistem operasi, disarankan memilih Windows 7.

Meskipun dukungan dari Microsoft telah berakhir, Windows XP SP2 masih banyak digemari pemakai personal computer atau notebook.
Berikut adalah keunggulan dan kelemahan Windows XP SP2.

Keunggulan Windows XP
Microsoft Windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya.
Aplikasi yang dijalankan pada system Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet.
Dengan menggunakan Remote Assistence kita dapat memonitor kerusakan komputer yang terjadi pada komputer lain dari jarak jauh melalui internet.

Memiliki sistem keamanan yang dapat digunakan untuk melindungi folder-folder khusus agar dapat digunakan oleh pemiliknya sendiri.
Windows XP dapat digunakan untuk berbagi aplikasi secara real time ke seluruh dunia.

Kekurangan Windows XP
Pihak Microsoft sangat membatasi kenyamanan pemakaian terhadap sistem operasi Windows XP ini dimana setiap pengguna harus melakukan aktivasi pihak Microsoft pada periode-periode tertentu.
Tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-generasi Windows sebelumnya.. System Restore, yaitu suatu fasilitas yang digunakan untuk mengembalikan sistem operasi yang tidak stabil kembali ke suatu "restore point" tertentu beberapa hari di belakang hari ini. Sayangnya fasilitas ini kemudian dimanfaatkan untuk melestarikan virus-virus yang masuk dengan cara menginfeksi "point-point restore" tersebut.
Folder sharing (yang di set Read-Write/Full), yaitu suatu fasilitas yang dapat digunakan untuk mengakses suatu file di komputer tetangga dalam jaringan fisik dan subnet yang sama. Kelebihannya kita bisa mengerjakan file yang tersimpan di suatu komputer dari komputer manapun dalam jaringan yang sama. Sayangnya, dengan adanya folder sharing yang diset full ini, virus dapat merajalela untuk meletakkan file perangkapnya maupun langsung menginfeksi file kerja yang ada.
Autoplay/Autorun pada removable drive, yaitu fasilitas windows yang memungkinkan sistem operasi secara otomatis menjalankan file skrip autorun.inf pada drive-drive removable (CD, flashdisk dll).
User Profile yang tidak diberi password, terutamanya Administrator.
Port-port RPC terbuka yang tidak diperlukan, sudah sering dimanfaatkan beberapa masterpiece virus, seperti Conficker dan Nimda.
Walaupun Microsoft sudah tidak memberikan dukungan terhadap Windows XP SP2 pada tahun 2010 lalu, tetapi cara kerja pada system operasi yang saya gunakan ini masih baik.

Mungkin apabila ada masalah pada system operasi ini, saya akan mengganti dengan system operasi yang lain, yang akan memberikan kemudahan yang lebih baik pada saat saya  memakai computer.

Referensi :

http://www.marospost.co.cc/microsoft-tak-lagi-dukung-windows-xp-sp2.html
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100312215938AABrtSG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar