Jumat, 14 Oktober 2011

Analisa Terhadap Efektifitas Penggunaan Media Periklanan Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Consumer Goods

TUGAS I BAHASA INDONESIA (SOFTSKILL)

Nurul Anggraeni Shinta Ilahi (14109406)

Raema Yiska (16109970)

Ratih Purnama Sari (13109010)

Putri Rahmawati (13109819)

3KA03

UNIVERSITAS GUNADARMA

2011

Artikel Ilmiah:

Analisa terhadap efektifitas penggunaan media periklanan dalam meningkatkan penjualan produk consumer goods

Tidak diragukan lagi bahwa periklanan memegang peranan yang sangat penting dalam menyebarkan informasi kepada pelanggan mengenai kegunaan , serta keunggulan dari suatu produk. periklanan juga merupakan sarana yang paling penting dalam meningkatkan penjualan.Penyampaian pesan secara realitistis, ditunjang dengan pemilihan media yang tepat akan sangat menentukan berhasil tidaknya pesan yang ingin disampaikan. Riset dilakukan untuk mengetahui pengaruh iklan terhadap produk-produk optik, mobil dan accu mobil, serta consumer goods.

Artikel pertama pada jurnal ini menganalisa bagaimana pengaruh suatu iklan terhadap para konsumen pengguna produk optik. Suatu optik tidak terkenal dengan menggunakan teknik promosi yang baik melalui periklanan ternyata sanggup mengungguli optik terkenal tetapi tidak beriklan.

Iklan menyebabkan konsumen terbuai, sehingga diilustrasikan konsumen berimajinasi terhadap kualitas produk tersebut dan tanpa sadar terjebak dalam penipuan diri sehingga konsumen merasa puas membeli barang berkualitas rendah dengan harga yang tinggi. Inilah yang dinamankan proses sweet lemon .

Hal ini menunjukkan bahwa iklan memegang peranan penting untuk meningkatkan penjualan. Sekalipun demikian bilamana produk diiklankan tidak sesuai dengan kenyataan, maka yang terjadi pelanggan akan menjauhi produk tersebut.