TUGAS I BAHASA INDONESIA (SOFTSKILL)
Nurul Anggraeni Shinta Ilahi (14109406)
Raema Yiska (16109970)
Ratih Purnama Sari (13109010)
Putri Rahmawati (13109819)
3KA03
UNIVERSITAS GUNADARMA
2011
Artikel Ilmiah:
Analisa terhadap efektifitas penggunaan media
periklanan dalam meningkatkan penjualan produk consumer goods
Tidak diragukan lagi bahwa periklanan memegang
peranan yang sangat penting dalam menyebarkan informasi kepada pelanggan
mengenai kegunaan , serta keunggulan dari suatu produk. periklanan juga
merupakan sarana yang paling penting dalam meningkatkan penjualan.Penyampaian
pesan secara realitistis, ditunjang dengan pemilihan media yang tepat akan
sangat menentukan berhasil tidaknya pesan yang ingin disampaikan. Riset
dilakukan untuk mengetahui pengaruh iklan terhadap produk-produk optik, mobil
dan accu mobil, serta consumer goods.
Artikel pertama pada jurnal ini menganalisa
bagaimana pengaruh suatu iklan terhadap para konsumen pengguna produk optik.
Suatu optik tidak terkenal dengan menggunakan teknik promosi yang baik melalui
periklanan ternyata sanggup mengungguli optik terkenal tetapi tidak beriklan.
Iklan menyebabkan konsumen terbuai, sehingga
diilustrasikan konsumen berimajinasi terhadap kualitas produk tersebut dan
tanpa sadar terjebak dalam penipuan diri sehingga konsumen merasa puas membeli
barang berkualitas rendah dengan harga yang tinggi. Inilah yang dinamankan
proses sweet lemon .
Hal ini menunjukkan bahwa iklan memegang peranan
penting untuk meningkatkan penjualan. Sekalipun demikian bilamana produk
diiklankan tidak sesuai dengan kenyataan, maka yang terjadi pelanggan akan
menjauhi produk tersebut.